Sabtu, 16 November 2013

Pro dan Kontra seputar Seragam Sekolah

Pro Kontra Seragam Sekolah
Ketentuan untuk mengenakan seragam sekolah selalu mengundang pro dan kontra. Pada satu pihak menyetujui, tetapi di pikah lain menganggap tidak perlu bagi siswa untuk beragam yang terpenting niatan untuk belajar di sekolah.

Berseragam maupun tidak berseragam, menjadi pilihan. Perlu diperhatikan esensi medasar sekolahan sebagai tempat untuk bagi siswa menjalani proses pendidikan, sehingga siswa dapat mengerahkan potensi yang dimilikinya secara optimal. 

Apakah seragam sekolah berpengaruh pada prestasi siswa ? 

Belum saya temukan hasil riset secara pasti, pengaruh seragam sekolah terhadap prestasi siswa. Lantas, apakah siswa yang menggunakan seragam sekolah dan atribut lainnya seperti sepatu dan tas yang lebih malah, memiliki prestasi belajar yang lebih baik ?

Terkadang hal ini malah terjadi sebaliknya, siswa yang kurang mampu memiliki motivasi yang kuat untuk belajar, sehingga prestasinya pun kian cemerlang.

Beberapa sekolah bahkan mewajibkan orang tua siswa untuk membeli seragam sekolah di sekolah yang bersangkutan. Hal ini terkadang memberatkan orang tua siswa tersebut, apalagi bagi yang kurang mampu. Mereka lebih baik memilih bahan sendiri dan menjahitkan dengan biaya penjahit lebih murah

Sudah selayaknya sekolah bisa menjadi penyeragam semua golongan masyarakat kita. Yang berkecukupan bisa berbagi yang kekurangan bisa diberi.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...