Senin, 17 Juni 2013

Mengenal Macam-macam Benang Jahit


benang jahit

Bagi yang masih awam, bisa jadi benang jahit merek dan jenis apapun tidak ada bedanya, yang penting benang jahit tersebut bisa digunakan untuk menjahit. Tetapi tidak demikian dengan kami, penjahit murah berkualitas, sangat memperhatikan merek dan jenis benang jahit, menyesuaikan dengan media jahitnya.

Benang jahit ada beberapa macam, hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan untuk menjahit. Sebagai pedoman dalam pemakaian benang jahit, secara umum dapat dipedomani nomor yang ada pada bungkus antara lain: Benang no. 50 artinya panjang benang 50 meter dan berat 1 gram. Digunakan untuk menjahit bahan yang tidak terlalu tebal/tipis. Benang no. 60 artinya panjang benang 60 meter berat 1 gram. Digunakan untuk menjahit kain yang sangat tipis. 

Selain itu benang yang digunakan hendaklah disesuaikan dengan serat bahan, ketebalan bahan, serta jenis setikan yang diinginkan. Benang yang digunakan sebaiknya mempunyai asal serat yang sama dengan bahan yang akan dijahit. Misalnya, benang dari serat alam hendaklah digunakan untuk menjahit bahan dari serat alam pula, begitu juga dengan benang dari serat sintetis digunakan untuk menjahit bahan dari serat sintetis pula. Untuk setikan hias sering digunakan benang yang relatif kasar seperti setikan hias pada celana jeans, karena sesuai dengan fungsinya yang mana benang ini berfungsi untuk hiasan. Beberapa jenis benang yang digunakan untuk menjahit dan menghias busana di antaranya yaitu:


  • Benang Jahit : fungsinya digunakan untuk menjahit dan menyulam. Anda bisa membedakan halus atau tidaknya suatu benang jahit , perhatikan terlebih dahulu ketebalan bahan yang akan dijahit. Apakah untuk menjahit bahan pakaian atau untuk menghias dengan sulam hias.

Apabila anda menginginkan benang jahit yang halus untuk menjahit, Anda tinggal melihat nomor seri benang tersebut. Biasanya jika nomor benang tersebut semakin tinggi, maka makin halus tekstur benang tersebut. Contoh, benang jahit bernomor 50, lebih halus daripada benang jahit bernomor 40.

  • Benang mouline yaitu benang yang berlainan warna disering/dipilin jadi satu sehingga benang mouline disebut juga benang pelangi. Benang ini digunakan untuk menghias pakaian atau kain.

  • Benang 40's Biasa dipakai apabila kita menghendaki ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 110 sampai dengan 120 Gram / meter persegi untuk jenis rajutan Single Knitt atau Gramasi 180 sampai dengan 200 Gram / meter persegi untuk jenis rajutan Double Knitt.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...